CARA HUBUNGAN BEDA AGAMA AGAR DAPAT BERTAHAN LAMA

Menjalani hubungan dengan pasangan yang satu keyakinan saja sudah mendapatkan jalan yang berliku, apalagi ini harus menjalani hubungan dengan pasangan yang memiliki keyakinan berbeda dengan kita. Tentunya semua tidak akan mudah, apalagi untuk mendapatkan restu dari orang tua. Rasanya itu menjadi hal yang perlu dipikirkan matang – matan untuk memberitahunya. Terdapat beberapa keyakinan yang dianut di tanah air kita ini, tetapi itu tidak membuat kita saling terpecah karena rasa toleransi yang kita miliki untuk satu sama lain. Tapi apakah itu bisa berlaku dengan baik di dalam sebuah hubungan yang beda agama? Sebetulnya ini kembali lagi kepada setiap pasangan yang menjalaninya.

Ada saja orang yang berada disekitar itu menanyakan hal – hal yang sebetulnya malas untuk kita jawab atau bahas, seperti pertanyaan “kenapa pacaran sama yang beda agama?” atau “kan yang seagama masih banyak”. Tetapi kembali lagi perkara hati itu dapat dibohongi, membuat mereka para pasangan yang beda agama hanya dapat menjalaninya terlebih dahulu. Setiap orang itu berbeda – beda ada yang dapat bodo amat dengan apa yang orang bicarakan tentang hubungannya, tetapi ada juga yang menjadi kepikiran apakah yang dilakukannya tersebut salah. Tidak kala membuat hubungan kamu harus berakhir hanya karena perkataan orang lain. Agar tidak terjadi hal demikian, simak ulasan berikut ini tentang cara hubungan beda agama.

1.Kunci Utama itu Saling Menghargai

Namanya perbedaan itu dapat diatasi dengan cara saling menghargai, begitu pun dengan hubungan yang berbeda agama. Agar dapat menjalin hubungan dengan baik dan dapat bertahan lama itu harus saling menghargai satu sama lain. Salah satu contohnya ketika akan melakukan ibadah atau acara – acara keagamaan lainnya. Dimana ibadah yang dilakukan kamu dan pasangan kamu itu berbeda, maka dari itu kamu harus saling menghargai pasangan kamu saat sedang melakukan ibadah.

Jangan sampai hanya karena ibadah membuat kamu harus bertikai atau mempermasalahkan hal yang lainnya. Bila kamu dan pasangan tidak saling menghargai hubungan yang kamu jalani pun tidak dapat bertahan lama. Karena menghargai merupakan kunci utama yang harus kamu dan pasangan kamu itu pegang.

2.Memperbanyak Komunikasi Dengan Orang Tuamu

Restu dari orang tua menjadi hal yang sangat sensitive untuk dibicarakan pada pasangan yang beda agama. Sebaiknya sebelum kamu menjalani hubungan yang lebih serius, entah itu pacaran atau menjalin komitmen. Ada baiknya kamu memberitahu orang tuamu terlebih dahulu tentang hubungan yang akan kamu jalani, mungkin kamu akan ragu untuk membicarakanya dengan orang tua dan memilih untuk memberitahunya nanti saja.

Justru ini merupakan langkah yang salah untuk dilakukan, sebelum kamu semakin sayang dan terlalu dalam masuk ke dalam hubungan ini. Lebih baik kamu memberitahu orang tua terlebih dahulu, jadi bila nantinya tidak disetujui kamu bisa mengakhirinya sebelum semuanya terlalu jauh. Agar hati kamu pun tidak akan tersakiti terlalu jauh.

3.Memiliki Pikiran Open Minded

Saat kamu sudah terlanjur mempunyai hubungan dengan pasangan yang beda agama, pastinya akan banyak sekali perkataan dan komentar yang orang lontarkan kepada kamu. Tetapi ini sudah menjadi bagian dari hidup, akan ada saja orang yang memberikan komentar seenak jidat. Cobalah untuk  kamu dan pasangan kamu memiliki pikiran yang open minded, agar tetap kuat dalam menjalani hubungannya.

Pantang nundur dengan apa yang orang katakana kepada hubungan kamu. Selain itu juga kamu dan pasangan kamu, saat ada masalah yang menyinggung persoalan agama mencoba untuk open minded. Tetapi bila sudah keterlaluan, lakukanlah apa yang seharusnya kamu lakukan.

Itulah cara untuk menjalani hubungan yang beda agama, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *